Jumat, 13 September 2013

Profile PD Pasar Kota Tangerang



SEJARAH SINGKAT (BRIEF HISTORY)
Pasar Tradisional merupakan Infrastruktur ekonomi daerah, menjadi pusat kegiatan distribusi dan pemasaran. Keberadaannya kian menurun dengan berkembangnya perpasaran swasta modern khususnya diperkotaan, serbuan pasar modern / hypermarket dengan dukungan kekuatan modal besar yang membuat semakin terpuruknya Pasar Tradisional serta sistem dan teknologi modern yang berhadapan langsung dengan pedagang pasar tradisional. Image Pasar tradisional terkesan Becek, Kotor, kurang nyaman, dan Fasilitas minim seperti parkir, toilet, tidak ada tempat pengolahan sampah, fisik kurang terawat.
Dengan berjalannya waktu keinginan mengembangkan pasar terus bergulir  untuk memenuhi tuntutan konsumen pasar yang terus berubah maka pasar yang dibutuhkan adalah pasar yang memberikan kenyamanan dan pelayanan prima  serta kepuasan pelanggan yang menjadi target utama. Selama ini konotasi pasar tradisional adalah pasar yang kumuh, becek, sumpek dan panas. Walaupun demikian pasar tradisional adalah pasar yang mampu menggerakkan perekonomian rakyat dan pasar tradisional telah membuktikan dalam kondisi apapun tetap melayani kebutuhan masyarakat.
Pengelolaan pasar pada saat dikelola oleh Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Pariwisata dan Dunia Usaha tidak sesuai lagi karena adanya persaingan global dan seiring dengan perkembangan Kota Tangerang maka Pemerintah Kota Tangerang pada  tahun 2003  dibentuklah  PD Pasar Kota Tangerang sesuai dengan Perda No. 3 Tahun 2003 Tentang pembentukan PD Pasar dan mulai beroperasi pada tanggal 10 April 2004. Pasar-pasar tradisional milik Pemerintah Daerah Kota Tangerang sebagai aset yang dipisahkan dan diserahkan kepada PD Pasar Kota Tangerang untuk dikelola.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar